BLOOM & ANDERSON

ACUAN PENGEMBANGAN INDIKATOR PENCAPAIAN DALAM SILABUS

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur/diobservasi yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. • Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (lebih dari dua) • Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan/atau diobservasi • Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK • Prinsip pengembangan indikator adalah Urgensi, Kontinuitas, Relevansi, dan Kontekstual • Keseluruhan indikator dalam satu KD merupakan tanda-tanda, prilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten. 


 ACUAN PENGEMBANGAN INDIKATOR

 • Kata kerja operasional (KKO) Indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak (bukan sebaliknya); 
• Dapat mempertimbangkan konsep tingkatan berpikir kognitif Taxonomi Bloom (C1 s.d. C6) atau hasil revisi Anderson & Krathwohl, 2001; 
• Kata kerja operasional pada KD benar-benar terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator;
 • Urutan KKO indikator mengikuti tahapan aluran berpikir berdasar tingkat kesukaran; 
• Kata kerja operasional dalam indikator harus dapat diukur;

 ASPEK YANG DIUKUR DALAM PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI 
ASPEK KOGNITIF (6 Tingkat Kognitif Berfikir) >>TAXONOMY COGNITIVE BLOOM (Bloom, Englehart, Furst, Hill, Krathwohl’ 56) 

 • Pengetahuan (Knowledge), Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
 • Pemahaman (Comprehension), Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf). 
• Aplikasi (Application), Kemampuan Penerapan (Misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah). 
 • Analisis (Analysis), Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
 • Sintesis (Synthesis), Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium). 
• Evaluasi (Evaluation), Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu. Untuk penyusunan soal, sesuai dengan indikator yang telah disusun dalam silabus, hendaknya memiliki tingkat berpikir menengah sampai tinggi.

Standar Kompetensi 
Mendefinisikan; Menerapkan; Menyusun; Mengidentifikasikan; Menyelesaikan; Mengonstruksikan; Mengenal. Kompetensi Dasar Menunjukkan; Membaca; Menghitung; Melafalkan; Menggambarkan; Mengucapkan; Membedakan; Mensintesis; Mengidentifikasikan; Menafsirkan; Mendemonstrasikan; Menceritakan; Menggunakan; Menerapkan; Mengevaluasi; Menyusun; Menyimpulkan; Merumuskan; Menganalisis; 

 Kata Dasar Operasional 

Ranah Kognitif 

C1 Mengutip; Menyebutkan; Menjelaskan; Menggambarkan/deskripsi; Meng- identifikasi;Membilang; Mendaftar; Menunjukkan; Memberi label; Menamai; Memasangkan; Menandai; Membaca; Menyadari; Menghafal;Mereproduksi; Mengulang; Mencatat; Meninjau; Memilih; Menyatakan;Mempelajari; Mentabulasi; Memberi kode; Menelusuri; Menulis; Memberi indeks. 
C2 Memperkirakan; Mengkategorikan; Mencirikan; Merinci;Mengasosiasikan Membandingkan; Menghitung; Mengubah; Menjalin;Mengonstruksikan; Menguraikan; Membedakan; Menggali; Merangkum;Mencontohkan; Menerangkan; Mengemukakan; Menyimpulkan; Meramalkan; Menjabarkan; Memperluas; Mempertahankan. 
C3 Menugaskan; Mengurutkan; Menentukan; Menerapkan; Menyesuaikan; Mengkalkulasi; Memodifikasi; Menghitung; Membangun; Menyusun; Mengklasifikasi; Membiasakan; Mencegah; Menentukan; Menggunakan; Menggambar; Menilai; Melatih; Mengoperasikan;Mengonsepkan; Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan; Melaksanakan; Meramaikan; Memproduksi; Memproses; Mengaitkan; Memecahkan; Mensimulasikan. 
C4 Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis; Mendeteksi; Menyeleksi; Memerinci; Menominasikan; Mendiagramkan; Mengorelasikan; Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan; Menyimpulkan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan; Memerintahkan; Mengukur; Memilih; Melatih; Mentransfer; Mengedit. 
C5 Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan; Mengategorikan; Mengode; Mengarang; Membangun; Menanggulangi; Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan; Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi; Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi; Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi; Merekonstruksi; Menyiapkan; Merangkum; Memproduksi. 
C6 Membandingkan; Menyimpulkan; Menilai; Mengarahkan; Mengritik; Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi; Memperjelas; Menugaskan; Menafsirkan; Mempertahankan; Memilih; Memerinci; Merangkum; Membuktikan; Mendukung; Memproyeksikan; Mengetes; Mengevaluasi. 

 RANAH PSIKOMOTOR PENIRUAN 
Mengaaktifkan; Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar; Mengatur; Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan; Memperkecil; Membangun; Mengubah; Membersihkan; Memposisikan. MANIPULASI Mengoreksi; Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur; Memilah; Melatih; Memperbaiki; Membuat; Menempatkan; Mengidentifikasikan; Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi. ARTIKULASI Mengalihkan; Mengemas; Memutar; Menarik; Mendorong; Memindahkan; Mengirim; Memproduksi; Mengoperasikan; Mencampur; Membungkus; Menggantikan. 
PENGALAMAN Mengalihkan; Mempertajam; Membentuk; Memadankan; Menggunakan; Memulai; Menyetir; Menempel; Menimbang; Menseketsa; Melonggarkan; Menjeniskan. 

RANAH AFEKTIF  MENERIMA 
Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi, Meminati 
MENAGGAPI Menjawab, Membantu, Mengajukan, Mengompromikan Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Memilah, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Menolak MENILAI Mengasumsikan,Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang 
MENGELOLA Menganut, Mengubah, Mengklasifikasikan, Menegosiasi, Mengombinasikan, Mempertahankan,Membangun, Menata, Membentuk pendapat,Memadukan, Mengelola, Merembuk MENGHAYATI Mengubah prilaku, Berakhlak mulia,Mempengaruhi Mendengarkan, Mengkualifikasi, Melayani, Menunjukkan Membuktikan, Memecahkan