LAPORAN KEGIATAN
LOKAKARYA PERDANA (KE-1) PROGRAM GURU PENGGERAK
ANGKATAN 4 TANGGAMUS
A. Tujuan
Tujuan kegiatan lokakarya (ke-1)
adalah :
1. Calon Guru
Penggerak mampu memahami pentingnya mengembangkan diri
2. Calon Guru
Penggerak mampu menjelaskan penerapan kompetensi Guru Penggerak dalam
menjalankan peran sebagai pemimpin pembelajaran
3. Calon Guru
Penggerak mampu mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak
4. Calon Guru
Penggerak mampu menjelaskan rencana pengembangan diri
B. Waktu Kegiatan
Kegiatan lokakarya Ke-1 dilaksanakan pada :
Hari :
Sabtu
Tanggal : 27 Nopember 2021
Waktu : Pkl.
08.00 s/d 16.00 Wib.
Tempat : Hotel
21 , Gisting Kab.
Tanggamus
C. Peserta kegiatan
Kegiatan Lokakarya ke-1 diikuti oleh
CGP serta di damping oleh pengajar Pratik dan tim pendamping dari dinas
pendidikan Kabupaten Tanggamus serta
tim teknis dari P4TK Matematika Yogyakarta.
Jumlah peserta 16 orang
D. Agenda kegiatan
·
Pembukaan
·
Pengembangan
Diri
·
Kompetensi
Guru Penggerak
·
Posisi Diri
·
Rencana
Pengembangan Diri
·
Penutupan
E. Indikator Keberhasilan
1. Calon Guru
Penggerak dapat melakukan identifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak
2. Calon Guru
Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru
Penggerak
F. Produk yang dihasilkan
1. Identifikasi posisi diri berdasarkan
kompetensi Guru Penggerak
2. Evaluasi posisi diri berdasarkan
kompetensi Guru Penggerak
3. Rencana pengembangan diri Calon Guru
Penggerak
G. Proses Kegiatan
Kegiatan Lokakarya dimulai secara pleno di ballroom hotel 21 dihadiri oleh 10 CGP , 2 orang PP, 1 orang dari Dinas Pendidikan dan 3 orang tim teknis dari P4TK Matematika Yogyakarta. Acara ini mengusung tema Guru Penggerak Masa Depan. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Pak Riduan sebagai Pengajar Praktik lalu dilanjutkan Doa dipimpin oleh Pak Listian CGP.
Selanjutnya Icebreaking perkenalan tujuan untuk menciptakan koneksi antar Calon Guru Penggerak dan pendamping. Seluruh CGP dan PP berdiri membentuk lingkaran. Lingkaran tersebut diberi nama “Lingkaran Persamaan”? maksudnya disaat Ada satu orang yang sedang menyebutkan hal positif dari dirinya, apabila ada yang mempunyai hal positif tersebut juga dalam diri cgp, silakan cgp lainnya maju satu langkah dari tempat berdiri cgp. Hal ini menandakan bahwa cgp mempunyai kesamaan dengan cgp yang sedang memperkenalkan dirinya.
Setelah selesai CGP membuat kesepakatan kelas. Acara selanjutnya yaitu pengenalan kompetensi Guru Penggerak, dimana cgp mempelajari apa saja kompetensi seorang Guru Penggerak. Dilanjutkan dengan Diriku Sekarang, cgp mengidentifikasi posisi diri sekarang terkait kompetensi Guru Penggerak, Lalu Diriku Ke Depan, pada bagian ini cgp melakukan pembuatan rencana pengembangan pribadi.
Kegiatan terakhir yaitu melakukan refleksi dengan membuat lingkaran dan cgp menceritakan apa saja yang telah dipelajari hari ini satu persatu dilanjutkan oleh WI dari P4TK Matematika Yogyakarta bapak Fajar Noer Hidayat, lalu ditutup dengan pembacaan doa oleh Pak Abdul Muin CGP.
Lampiran 1: Rundown
Kegiatan
Lampiran 2 Hasil
kegiatan
1.
Daftar Hadir
2. Lampiran Foto Kegiatan
0 Response to "LOKAKARYA KE-1 PENDIDIKAN GURU PENGGERAK A-4 TANGGAMUS LAMPUNG PENGEJAR PRAKTIK"
Posting Komentar